Kesehatan

Bagaimana memilih paket asuransi yang tepat

Kita semua membutuhkan asuransi di beberapa titik dalam hidup kita. Memilih rencana asuransi terbaik untuk kebutuhan Anda adalah keputusan penting tidak hanya untuk Anda tetapi juga untuk keluarga Anda dan bisa jadi rumit. Baik itu asuransi jiwa, asuransi kesehatan, asuransi mobil, kecelakaan diri, rencana pensiun, perjalanan, asuransi rumah, dll., dengan lebih dari 30 perusahaan asuransi, menawarkan lebih dari 300 produk, Tantangan yang dihadapi pelanggan saat ini bukanlah membeli polis asuransi, melainkan untuk membeli kebijakan yang tepat yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tetapi asuransi adalah subjek yang kompleks dan tidak banyak dari mereka yang memiliki waktu atau keinginan untuk memahami seluk beluk polis. Jadi kebutuhan saat ini adalah memiliki penjelasan sederhana dan bebas jargon tentang syarat dan ketentuan dan panduan langkah demi langkah bagi pelanggan untuk memilih kebijakan yang tepat.

Ikuti langkah-langkah sederhana ini jika Anda berencana untuk membeli polis asuransi:

1) Konfirmasikan persyaratan Anda – Tidak semua kebijakan sama. Misalnya, di bawah asuransi jiwa datang rencana pensiun, rencana anak-anak, asuransi berjangka, rencana endowmen dan ULIP. Jadi, penting bagi Anda untuk memilih paket yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda mencari rencana perlindungan murni, maka rencana jangka waktu adalah untuk Anda.

Tetapi jika tujuan Anda adalah memiliki kombinasi tabungan dan perlindungan, pilihan Anda adalah rencana anak, rencana pensiun, atau ULIP. Di sini target Anda akan memutuskan jenis pertanggungan apa yang harus Anda cari. Misalnya, jika tujuan Anda adalah menabung untuk masa depan anak, rencana anak akan ideal tetapi jika Anda ingin menabung untuk masa pensiun Anda, rencana pensiun adalah pilihan terbaik Anda.

2) Hitung penutup yang Anda butuhkan – Ada banyak faktor yang berperan saat memutuskan penutup mana yang Anda butuhkan. Misalnya dalam asuransi kesehatan, usia Anda, riwayat kesehatan, kota tempat tinggal, kebiasaan gaya hidup, dll. dipertimbangkan saat menentukan jumlah pertanggungan. Di sisi lain, faktor asuransi jiwa seperti pendapatan, kewajiban, jumlah tanggungan anggota keluarga dll membantu dalam menentukan jumlah pertanggungan. Jadi, seorang berusia 30 tahun yang memiliki pinjaman rumah dan dua anak yang bersekolah harus mengambil pertanggungan yang lebih tinggi, sedangkan seorang yang berusia 45 tahun yang tidak memiliki kewajiban dan anak-anaknya sudah mulai bekerja dapat memilih pertanggungan yang lebih rendah.

3) Bandingkan paket – Membandingkan paket bukan hanya tentang membandingkan harga. Termurah tidak selalu lebih baik. Anda harus membandingkan fitur, manfaat, dan pengecualian, dan memutuskan paket mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Misalnya, saat memilih rencana perawatan kesehatan untuk orang tua Anda, Anda harus memilih rencana dengan masa tunggu minimum, karena setiap saat orang tua lansia mungkin perlu dirawat di rumah sakit. Selain itu, membandingkan asuransi mobil setiap saat, selama perpanjangan bisa menjadi rencana yang sangat berguna, karena Anda bisa mendapatkan pengurangan premi dan Anda juga bisa mendapatkan penumpang tambahan.

4) BACA, PAHAMI DAN TAHU SYARAT DAN KETENTUAN POLIS – Setelah Anda menentukan polis yang Anda butuhkan, Anda membaca, memahami dan membiasakan diri dengan semua syarat dan ketentuan. Ini penting untuk menghindari kejutan dan sakit hati di kemudian hari. Misalnya, dalam asuransi kesehatan, Anda harus tahu berapa batas sewa kamar, masa tunggu, pengecualian, prosedur penitipan anak, jaringan rumah sakit, dll. Demikian pula, dalam polis asuransi jiwa Anda harus mengetahui manfaat hak, manfaat kematian, pengecualian permanen, dll. Misalnya, banyak polis asuransi kesehatan dan jiwa tidak mencakup kematian atau rawat inap karena partisipasi dalam olahraga petualangan atau perang.

5) Carilah Saran Ahli – Jika Anda pernah terjebak dalam masalah apa pun, Anda hanya perlu mencari bantuan ahli. Jika Anda pernah gagal untuk memahami kebijakan atau jika Anda tidak yakin rencana mana yang terbaik, cukup berbicara dengan seorang profesional yang dapat menganalisis kebutuhan Anda dan menyarankan pilihan terbaik.

Perhatikan saja detail kecil ini yang pasti akan Anda manfaatkan dalam jangka panjang.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button