Apakah rumah liburan membuang-buang uang?

Sewa buang-buang uang atau itu? Ini adalah apa yang kita telah dikondisikan untuk percaya dalam beberapa generasi terakhir. Bahkan ketika pasar real estat lebih stabil dan harga sedang naik, membeli rumah liburan mungkin bukan keputusan terbaik untuk dompet Anda.

Haruskah Anda membeli rumah liburan yang hanya Anda gunakan selama beberapa bulan dalam setahun? Mari kita lihat contoh sederhana untuk menyoroti biaya memiliki rumah liburan. Anda membeli rumah liburan, dan biaya bulanan termasuk pembayaran hipotek, pajak properti, asuransi, HOA, atau pemeliharaan dan utilitas lainnya adalah $3.000 per bulan. Anda menggunakan rumah selama tiga bulan per tahun, meskipun Anda membayar untuk 12. Jadi, Anda membayar $3.000 per bulan selama 12 bulan atau $36.000 per tahun dan menggunakan rumah selama tiga bulan dengan biaya efektif $12.000 per bulan ($36.000/3 ). Anda dapat menyewa rumah serupa secara musiman di area yang sama seharga $4.000 per bulan atau $12.000 untuk musim tersebut. Anda akan membayar tambahan $24.000 per tahun untuk memiliki rumah versus menyewanya ($36.000 – $12.000). Selama lima tahun, Anda akan menghabiskan tambahan $120.000 untuk memiliki rumah ($24.000 x 5 tahun). Ya, rumah itu mungkin menyenangkan, tetapi Anda harus mengurangi biaya pembelian, penjualan, penutupan, dan komisi real estat potensial dari perkiraan apa pun.

Katakanlah Anda membeli rumah seharga $400.000 ditambah $8.000 dalam biaya penutupan dengan total investasi awal $408.000. Misalkan telah meningkat nilainya sebesar 5% per tahun (di atas kondisi pasar normal). Ini akan bernilai sekitar $510.500 pada akhir tahun kelima. Jika Anda menjual rumah dan mengurangi komisi 6% dan $8.000 dari biaya penjualan akhir, itu akan menghasilkan sekitar $471.900. Perkiraan keuntungan Anda akan menjadi $63.900, tetapi ingat bahwa Anda akan menghabiskan tambahan $120.000 untuk memiliki rumah daripada menyewanya selama lima tahun, yang sebenarnya berarti Anda telah menghabiskan tambahan $56.100 secara keseluruhan (- $120.000 + 63, $900).

Ingatlah bahwa rumah mungkin memerlukan pekerjaan perbaikan dan renovasi, yang akan menambah biaya Anda sebagai pemilik rumah liburan. Namun, Anda akan melunasi sebagian dari saldo hipotek Anda yang akan baik untuk dimiliki versus disewa. Tapi, ketahuilah bahwa untuk beberapa tahun pertama hipotek 30 tahun, biasanya 75% – 80% dari setiap pembayaran hipotek adalah bunga dan bukan pokok. Anda mungkin juga dapat mengurangi bunga hipotek di rumah kedua itu, tetapi intinya adalah untuk rumah liburan ini, total biaya keuangan akan lebih besar daripada manfaatnya.

Setiap situasi berbeda, tetapi sekarang Anda memiliki alat untuk melakukan analisis keuangan Anda sendiri. Terkadang lebih masuk akal secara finansial untuk membeli rumah liburan daripada menyewanya, dan terkadang ada alasan non-finansial untuk memengaruhi keputusan Anda. Namun, lebih baik membuat keputusan keuangan besar “dengan mata terbuka lebar” daripada membuat keputusan keuangan besar. Anda dapat menghindari kekecewaan atau kesulitan keuangan di kemudian hari.

Harap dicatat bahwa semua informasi dalam artikel ini bersifat mendidik dan tidak boleh ditafsirkan sebagai nasihat keuangan. Untuk saran khusus untuk kebutuhan dan keadaan Anda, Anda harus berkonsultasi dengan penasihat keuangan atau pajak.